NIKMATNYA SATE KAMBING MUDA MENDO WENDYS, TEGAL

Sate Kambing Muda Mendo Wendys
Sate Kambing Muda Mendo Wendys / Istimewa

Membahas kuliner di Tegal, tentu identik dengan Warung Tegal atau yang biasa disebut warteg. Warteg memang menjadi primadona bagi banyak orang, terlebih karena rasanya yang lezat dan harga yang cukup terjangkau.

Namun selain sajian makanan yang ada di warteg, Tegal ternyata juga memiliki sederet kuliner yang tak kalah nikmat. Satu di antaranya adalah warung sate legendaris yang dikenal dengan nama Sate Mendo Wendy's.

Sate Mendo Wendy's memang sangat populer. Tak hanya oleh masyarakat setempat, Sate Mendo Wendy's kerap kali menjadi tempat singgah para artis. Beberapa artis yang sudah datang di antaranya Hotman Paris, Mamah Dedeh, Iis Dahlia, Anang Hermansyah, Ashanty, dan sebagainya.

 

 
 
 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
 

A post shared by donny (@donny_1976is)

 

Sate Mendo Wendy's dikenal empuk, tidak bau prengus, dan rasa manis kecapnya yang pas.

Ada dua lokasi warung Sate Mendo Wendy's, yakni di Jl. Letjend Soerapto No. 59 Pasar Sore dan cabangnya di Jl. Kapten Ismail No. 5 Kota Tegal. Warung Sate Mendo Wendy's buka setiap hari mulai dari pukul 11.00 - 19.00 WIB.

Supervisor Sate Mendo Wendy's Didin S (40) mengatakan, ciri khas dari rasa sate Wendy's adalah daging yang empuk, tidak bau prengus, dan usia kambingnya yang masih muda. Menurutnya, daging kambing yang dihidangkan usianya sekira tiga sampai empat bulan. Selain itu, ada tiga faktor yang menyebabkan daging Sate Mendo Wendy's berbeda dengan yang lain. Dagingnya bagus, irisan dan sundukannya bagus, dan cara membakarnya pas.

Didin mengungkapkan, cara mendapatkan daging yang bagus adalah dengan memberikan makan kambing menggunakan ampas tahu.  Sebab, ampas tahu membuat kambing lebih gemuk. Dari pengelolaan cara mengiris dan menyunduk daging kambingnya pun berbeda. Kemudian yang terakhir, bara api harus besar saat membakar sate. Menurutnya, cara tersebut bisa menjadikan daging sate bagian dalam dan luar menjadi lebih matang. Sedangkan cara agar daging tidak bau prengus, setelah disembelih kambing harus langsung digantung.

Mengenai nama Wendy's, itu berasal dari nama asli pemilik yaitu Suendi. Biar terdengar keren, penulisannya diganti dengan Wendy's. Didin mengatakan, Suendi selaku pemilik warung makan sate tersebut adalah kakaknya. 

Sate Mendo Wendy's menyediakan sate kambing, gulai, sop, dan garang asem kambing.



Artikel ini telah tayang di TribunTravel.com dengan judul Lezat dan Tak Bau Prengus, Sate Mendo Wendy's Tegal Jadi Langganan Para Artis Tanah Air

 


LOKASI