OLEH - OLEH KHAS BANDUNGAN, ADA TOMAT RASA KURMA ATAU TORAKUR

Torakur
Torakur / Istimewa

Puas berwisata ke BandunganSemarangJawa Tengah kurang lengkap rasanya tanpa membawa buah tangan untuk keluarga di rumah. Ada banyak kuliner khas Bandungan yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Mulai dari torakur hingga Tahu Serasi Bandungan.

1. Tahu Serasi Bandungan

Tahu Serasi Bandungan

Tahu Serasi Bandungan (Tribun Jateng/Shela Kusumaningtyas)

 

Kawasan Bandungan merupakan daerah sentra pembuatan tahu. Selain berwisata menikmati sejuknya udara pengunungan di Bandungan, traveler juga bisa menyantap lezatnya Tahu Serasi di BandunganTahu Serasi Bandungan memiliki cita rasa gurih dan bebas bahan pengawet, jadi Tahu Serasi Bandungan bisa untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

Salah satu yang terkenal adalah toko Tahu Oom Shin yang sudah ada sejak tahun 1980. Di toko Tahu Oom Shin, kamu bisa membeli tahu dan berbagai olahan kedelai dengan harga Rp 5.000 hingga Rp 18 ribu. Toko Tahu Oom Shin bisa ditemui di Jalan Raya Bandungan–Sumowono mulai pukul 08.00 sampai 18.00WIB.

 

2. Tempe Bandungan

Tak kalah populer dengan tahu Bandungan, tempe Bandungan ini berbeda dari tempe pada umumnya lho. Tempe Bandungan dibungkus dengan daun yang bernama andhong. Tempe ini biasanya dijual dalam kondisi mentah. Biasanya ketika sampai di rumah, tempe Bandungan ini sudah matang dan tingal diolah.

3. Torakur

Ini Dia Torakur, Oleh-oleh Khas Bandungan yang Terbuat dari Tomat

Torakur termasuk oleh-oleh khas Semarang yang bertahan lama. Makanan ini berupa manisan khas Bandungan yang unik. Torakur terbuat dari buah tomat yang dikeringkan dan memiliki tekstur mirip kurma Arab. Torakur sangat cocok dijadikan oleh-oleh khas Bandungan untuk keluarga di rumah.

4. Lumpia

Ilustrasi lumpia

Ilustrasi lumpia (Flickr.com/occman)

 

Lumpia menjadi satu oleh-oleh khas Bandungan Semarang yang bisa traveler bawa pulang. Biasanya ada banyak lumpia yang bisa traveler pilih, mulai dari topping sosis, bambu muda, kepiting pedas dan masih banyak lagi.



Artikel ini telah tayang di TribunTravel.com dengan judul 4 Oleh-oleh Khas Bandungan Semarang, Coba Bawa Pulang Torakur yang Sekilas Mirip Kurma Arab.

 

 


LOKASI